RAGAM

Bina Taruna Gorontalo Suguhkan Kuliah Gratis, Ini Syaratnya!

e-news, Gorontalo — Salah satu kampus terkemuka di Gorontalo, STIA dan STITEK Bina Taruna yang tidak lama lagi akan beralih status menjadi universitas, baru-baru ini menyuguhkan program kuliah gratis bagi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021-2022.

Program tersebut diperuntukan bagi para lulusan sekolah menengah atas, baik yang telah lulus dua tahun lalu (2019) hingga lulusan tahun 2021 ini dan akan melanjutkan studi di Kampus Pelopor Inovasi, Bina Taruna Gorontalo.

Kebijakan tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan, diantaranya salah satu pemerhati pendidikan Arif Djahala, S.Pd, M.Si. Menurutnya, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama para orang tua yang menginginkan anaknya untuk melanjutkan studi tapi terhalang dengan kondisi perekonomian keluarganya.

“Saya memberi apresiasi kepada Bina Taruna Gorontalo. Ditengah kondisi pandemi saat ini, kampus bisa memberikan solusi terbaik bagi para anak bangsa yang berprestasi untuk dapat melanjutkan studi meskipun kondisi keluarganya masih tergolong kurang mampu”, kata Arif kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Ia pun berharap agar para lulusan SLTA dapat memanfaatkan momentum ini untuk meraih impiannya, mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan kesarjanaan. Lebih lanjut dikatakannya, kesempatan ini tidak datang dua kali. Untuk itu, segeralah cari informasi lebih lanjut di Bina Taruna Gorontalo.

Ditempat terpisah, Yahya Antu, S.AB, M.Si selaku ketua tim sosialisasi menjelaskan bahwa program ini sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir, dan sekarang diperluas dan ditambah kuotanya dengan maksud untuk memberikan kesempatan lebih besar lagi bagi masyarakat, terutama para calon mahasiswa Bina Taruna Gorontalo.

“Iya, benar. Kami (Bina Taruna Gorontalo) membuka kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan kuliah gratis. Bahkan lebih dari itu, mereka bisa mendapatkan biaya hidup sebesar 700 ribu setiap bulannya” terang Yahya Antu.

Menurutnya, hal itu bisa didapatkan oleh para calon mahasiswa STIA maupun STITEK Bina Taruna Gorontalo dengan ketentuan diantaranya memiliki KIP atau penerima bantuan sosial. Bahkan bisa juga dengan memiliki surat keterangan kurang mampu dari kelurahan atau desa setempat.

“Nanti kami akan bantu prosesnya, dan jika memenuhi syarat-syaratnya insya allah bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah gratis di kampus kami Bina Taruna Gorontalo” jelas Yahya.

Adapun persyaratan lainnya menurut Yahya, diantaranya fotokopi ijazah terakhir, akta kelahiran, SKKB, pasphoto, dan mengisi formulir. Disebutkan juga untuk keterangan lebih lanjut agar dapat menghubungi kampus Bina Taruna Gorontalo atau melalui telepon 0852 9836 0160.

Diketahui, kampus Bina Taruna Gorontalo terdiri dari dua sekolah tinggi, untuk Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) telah membuka jurusan S1 yakni Program Studi Ilmu Administrasi Publik, dan Ilmu Administrasi Bisnis. Sedangkan Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) terdiri dari Prgram Studi S1 Perencanaan Wilayah, Arsitektur, dan Teknik Sipil.

“Keseluruhan program studi yang kami buka, telah terakreditasi dengan nilai B (Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).” pungkas Yahya./***

Show More
Back to top button