DAERAH

Jalur Selatan Terputus, BPBD Upayakan Kembali Normal Malam Ini

e-news, Gorontalo — Jalur jalan lintas selatan yang menghubungkan antara Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Gorontalo kini tak bisa dilalui oleh kendaraan akibat longsor.

Kejadian yang melanda Kelurahan Leato, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo pada Kamis (25/2/2021) sekitar pukul 18.10 Wita itu, selain menutup jalur transportasi, longsoran tanah juga menimpa rumah warga.

Ditemui setelah kejadian itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Gorontalo, Efendi Junus Danial yang turut serta dalam proses evakuasi memberikan keterangan tentang kejadian serta penyebab terjadinya longsor tersebut.

Baca juga

“Tadi sebelum kita kesini, ternyata sudah ada BPBD provinsi dengan Basarnas. Ditambah lagi dengan tokoh masyarakat yang ada disekitar serta anggota Lanal, dan TNI Kodim juga ada Koramil, Babinsa juga ada lengkap.” Kata Efendi.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 Wita. Ditemukan satu orang korban dan sudah dilarikan ke Rumah Sakit.

Menurut Efendi Danial, longsor terjadi akibat dari adanya erosi yang disebabkan kondisi tekstur tanah yang berubah-ubah akibat perubahan iklim.

“Kita harus belajar bagaimana tekstur tanah yang ada disini. Tekstur tanah disini adalah tidak mengikat. Beda dengan gunung-gunung yang ada di daerah lain. Disini bentuk tanahnya terbuka. Kena panas dia terbuka, bila hujan dia padat kemudian dia akan mudah dibawa oleh air. Rawan disini.” Terang Efendi.

Saat ini pihak DPBD sementra mengupayakan alat berat untuk memudahkan proses pekerjaan perbaikan jalan hingga kembali normal, dapat dilalui oleh kendaraan terutama roda empat.

“Serba manual. Alat berat sementara kita tunggu yang dari Balai Jalan PU provinsi maupun kota. Jadi kita sementara tunggu ini. Kita usahakan ini malam harus selesai, sudah terbuka jalan. Itu target kita. Kalau sudah ada alat, ini kan jalan menuju Bolsel jadi kita tetap akan buka kalau bisa kita selesaikan hari ini, hari ini akan kita selesaikan” Pungkasnya. /***

Editor : Ariyanto Buludi

Show More
Back to top button