DAERAHKab. Boalemo

Mantapkan Pengetahuan Aparat, Pemkab Boalemo Gelar Kegiatan Di Manado

e-news, Boalemo — Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur dalam penyusunan laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah, Pemerintah Kabupaten Boalemo menggelar kegiatan di Ballroom Hotel Peninsula Manado,Rabu 10/2/2021.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Sherman Moridu, S.Pd, MM mewakili Plt. Bupati Boalemo itu bertajuk Sosialisasi Permendagri No. 18 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Penyelanggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tingkat Kab. Boalemo.

Turut hadir dalam sosialisasi dan bimtek tersebut diantaranya Ketua DPRD Kab. Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, Asisten I Setda Roswita Manto, Nara Sumber, sejumlah Pimpinan OPD, para camat dan pesèrta meliputi sekretaris dan kasubag perencanaan pada masing-masing OPD.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Nurdin Djaini dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman aparatur mengenai penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) agar dapat terstruktur dan dapat menyajikan sebuah data yang dapat dijadikan ukuran kinerja Pemerintahan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Sherman Moridu, S.Pd, MM  menyampaikan bahwa LPPD merupakan progres report kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sebagaimana telah diamanatkan dalam pasal 69 undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan telah diubah dengan Undang-Undang No. 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No. 23 tahun 2014.

Diketahui bahwa kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan, secara administratif LPPD dan LKPJ dijadikan sebagai dasar evaluasi sekaligus sebagai bahan pembinaan lebih lanjut.

“Untuk itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah harus memahami dan bertanggungjawab dalam menyusun LPPD dan LKPJ.” kata Sherman Moridu. Ia berharap dengan keikutsertaan pada kegiatan ini, apatur semakin terampil, berkualitas serta berintegritas dan mampu menyajikan informasi kinerja yang akurat, sehingga dapat menghasilkan dokumen secara akurat, baik dan benar yang disertakan data-data dukung sebagai bukti dari laporan  tersebut.

“Sehingga itu saya berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan setelah dari kegiatan ini, masing-masing OPD secepatnya membuat Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah termasuk Laporan Kinerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan segera dimasukkan ke BAPPEDA Kab. Boalemo.” Tutup Moridu./***

Show More
Back to top button