Kab. Gorut

Warga Gorut Kembali Dilanda Banjir

e-news, Gorut — Banjir kembali melanda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Kali ini sejumlah rumah warga di tiga dusun Desa Milango, Kecamatan Tomilito terendam akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Air diketahui mulai menggenangi rumah – rumah warga pada Sabtu pagi, sekitar pukul 07:30 Wita, dengan ketinggian (air) mencapai  80 hingga 100 cm.” kata Kepala Desa Milango, Eman Kadir sebagaimana dilansir mediasulutgo.

Dikatakannya, hujan lebat terjadi sekitar pukul 2 dini hari tanpa henti sehingga menggenangi rumah warga yang berada di 3 dusun. “Jadi ketinggian air itu ditempat yang memang sering banjir, tingginya sampai didada. Kemudian di tempat yang tidak biasa direndam banjir, saat ini ikut terendam juga, dengan ketinggiannya sampai dibagian paha,” ujar Eman Kadir, Sabtu (13/02/2021).

Diketahui bahwa daerah tersebut terdapat aliran sungai yang diduga sebagai pemyebab terjadinya banjir akibat tidak dapat menampung debit air yang sangat banyak dan kemudian meluap hingga ke rumah-rumah warga.

“Dan ini diakibatkan meluapnya aliran air sungai dan menyebabkan ratusan rumah disekitarnya tergenang banjir. Setiap kali musim hujan, memang selalu ada rumah yang terendam banjir. Namun banjir kali ini cukup besar, sehingga rumah yang tadinya tidak pernah terkena banjir, sekarang ikut tergenang,” tuturnya.

Eman berharap, dari instansi terkait dapat segera mengambil langkah-langkah untuk penanganan luapan air ini sehingga tidak terjadi lagi hal yang sama dikemudian hari.

“Saya berharap kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan kami, khususnya sungai yang menjadi faktor utama terjadinya banjir di Desa Milango untuk bisa diperhatikan kedepan,” pungkasnya.(Srm)

Show More
Back to top button